Persyaratan perangkat keras internet/intranet

Perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet,tergantung jenis akses internet yang dipilih.dalam hal ini yang dibicarakan adalah koneksi dial-up dengan menggunakan computer.Agar kamu dapat mengakses internet,diperlukan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).Pemilihan spesifikasi computer disesuaikan dengan kebutuhan,namun makin cepat prosesor yang digunakan dalam computer tersebut,maka makin baik pula kecepatan mengakses internet.Gunakanlah prosesor yang memiliki kecepatan lebih tinggi.Berikut ini merupakan perangkat keras minimal yang dapat disarankan untuk mengakses internet.Biasanya,tiap ISP memberikan syarat minimal computer kepada pelanggannya disesuaikan dengan layanan yang akan diberikan.
Spesifikasi perangkat keras minimal yang digunakan mengakses internet adalah sebagai berikut.

1.Prosessor Pentium (Pentium II keatas)

Bila sebuah computer diibaratkan sebagai tubuh manusia,prosessor adalah otaknya.Fungsi prosessor adalah mengolah semua informasi yang dimasukkan pengguna computer serta memberikan hasil sesuai dengan kehendak sang pemakai.Itu sebabnya mengapa prosessor mutlak diperlukan sebuah computer untuk beroperasi.Sebaiknya gunakan prosessor dengan kecepatan tinggi,minimal Pentium II 350 Mhz.

2.Memori (RAM) 64 MB dan Harddisk 2 GB

Memori computer ( Random Access Memory,RAM )berfungsi menyimpan data sementara,sedangkan memory Hardisk  berfungsi untuk menyimpan data data seperti pesan,file,gambar,suara,dan program aplikasi.Makin besar memory,maka makin banyak data yang bias ditampung.Apalagi dalam mengakses internet dibutuhkan daya tampung data yang besar.

3. VGA Card dan Monitor VGA

VGA card atau kartu grafis merupakan perangkat keras yang berfungsi mengubah data dari komputer dan mentransfernya ke layar monitor. Monitor komputer berfungsi untuk menampilkan data-data/file, program komputer, dan sebagainya dalam bentuk visual sehingga file dan progeam tersebut bisa dilihat. Syarat minimal VGA Card untuk diakses internet adalah sebesar 4 MB.
4. Sound Card
Sound Card (kartu suara) diperlukan karena internet adalah dunia multimedia. Informasi dari internet tidak hanya teks atau gambar saja, tetapi juga video dan musik. Untuk dapat menikmati musik atau video tersebut diperlukan sound card.

5.Modem

Modem adalah singkatan dari Modulator de Modulator (Modulasi de Modulasi),yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke sebuah PC yang lain melalui jaringan telepon.Modulasi de Modulasi dapat diartikan sebagai proses perubahan sinyal digital dari computer menjadi sinyal analog sehingga dapat dikirim lewat telepon.Modem penerima akan mengubah sinyal analog tadi menjadi sinyal digital kembali untuk proses selanjutnya oleh computer(de Modulasi).
Modem terdiri dari 2 jenis,yaitu Modem Internal dan Modem Eksternal.Modem Internal dipasang didalam CPU sedangkan Modem Eksternal dipasang di luar CPU.Jadi,modem adalah perangkat Hardware tambahan(Peripheral) untuk computer(baik jenis Card atau Internal,maupun Eksternal).

6.Telepon
Modem memerlukan saluran telepon untuk melakukan tugasnya.Pada dasarnya,proses saat modem terhubung dengan telepon dan saat memulai hubungan dengan Internet Service Provider (ISP) sama dengan proses menelepon.Jika ada yang meneleponmu,saat kamu menggunakan modem,maka dia akan menerima nada sibuk dan tidak bisa menghubungi kamu.Kecepatan modem juga sangat berpengaruh terhadap rekening telepon yang harus dibayar setiap bulan.Modem yang cepat akan lebih menghemat uang daripada modem yang lambat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s